06
Mar
10

Cara memolitur benda kerja kayu warna alami ( Politur natural bening)

- Pertama – tama kita bersihkan bidang kayu yang akan di politur dengan amplas untuk memotong serat yang berdiri dan kasar. pengamplasan atau penggosokan di lakukan dengan kertas amplas nomor 80 – 180, dan harus searah serat kayu.

- Tahap berikutnya yaitu pengisian pori – pori kayu bagi jenis kayu bertekstur kasar, misalnya kayu jati, sunkai, kamfer dan lainnya. Bahan pengisi pori kayu (wood filler) yang sering di pakai adalah bubur filler yang bisa di beli di toko besi, baik yang berpelarut air maupun solvent atau minyak. Pengisian dapat di lakukan menggunakan kape atau skrap tembok hingga pori kenyang (terisi). Filler kita biarkan kering dalam beberapa menit.

- Langkah selanjutnya adalah pembersihan bubur filler kering yang masih terdapat di permukaan kayu dengan amplas nomor 150 – 180 sehingga permukaan kayu rata dan bersih.

- Selanjutnya langkah pelapisan dasar. Pendasaran di lakukan dengan kuas, selapis demi selapis tanpa meninggalkan bekas kuas. Pendasaran di lakukan dengan politur yang terbuat dari selak dan di campur dengan spiritus. Tunggu sampai 15 agar permukaan hasil pendasaran menjadi kering. Lalu amplas kembali menggunakan amplas nomor 180 – 240 agar permukaan menjadi halus.

- Pengolesan lapisan politur pada permukaan dengan kaus perca merupakan proses selanjutnya. Kaus di gunakan agar garis usapan politur tidak tampak. Kaus perca di lipat sepadat mungkin kemudian di oles secara berputar menggunakan politur.

- Tahap selanjutnya adalah pengamplasan secara basah dengan amplas nomor 180 – 240 yang tahan dengan air. Pengamplasan basah ini sangat penting karena akan meratakan bekas usapan putar pada tahap sebelumnya.

- Tahap terakhir adalah pelapisan dengan memakai kaus namun dengan campuran politur yang lebih encer. Cara melakukan langkah ini adalah dengan mengoleskan kaus menggunakan tekanan yang cukup kuat agar hasilnya lebih padat. Apabila serat – serat kayu tidak berdiri lagi, pori – pori sudah tertutup rata dan hasilnya mengkilap, boleh di katakan tahap ini telah selesai dan pekerjaan memolitur pun usai.

***Selamat Mencoba***

About these ads

21 Responses to “Cara memolitur benda kerja kayu warna alami ( Politur natural bening)”


  1. 1 xxx
    March 9, 2010 at 2:31 am

    waaaaaaaaaaaahhhhhhhhhh……….

    kerenzzzz

  2. 2 FIAN
    October 21, 2010 at 2:24 pm

    Bener nggak , la wong aku anake tukang politur kok

  3. 3 jiggy-jig ayung
    July 20, 2011 at 1:55 pm

    ketinggalan jaman!!!!

  4. 4 karomizhuzay
    May 23, 2012 at 12:34 pm

    tanx`s bgt mazzz brow, saya sngat trbntu sekli dngn situs ini….

  5. June 19, 2012 at 12:56 am

    terima kasih banget… mau tanya tukang plitur malu… tanya di sini aja…..

    • 6 dede
      July 20, 2012 at 2:19 pm

      Yang ngomong ketinggalan jaman tuh pasti takut jobnya hilang. Makasih lo infonya. Sangat membantu. mau tanya pada tukang plitur sama dengan Yana. Malu.

  6. 7 fais
    August 7, 2012 at 1:47 pm

    Ti yg bagus..

  7. 8 pram
    November 16, 2012 at 11:30 am

    mksi byk infonya

  8. January 2, 2013 at 12:46 pm

    mo coba mlitur muka aah… biar kinclong

    • 10 see youuuuu gays....
      March 3, 2014 at 7:38 am

      ane saranin sebelom mlitur muka lo, lo plitur dulu aja mukanya FIAN ama mukanya jiggy-jig ayung dulu aja, klo hasilnya udah bagus baru muka lo sndr di plitur biar tambah ganteng. key brayyyy…..

  9. 11 Silvi
    April 18, 2013 at 12:04 am

    Terimakasih byk info nya sob, sangat memberi pencerahan.. :) tp klo bisa tolong sekalian sama jenis plitur yang direcommend boleh yaa? Thx

  10. 12 nardiyanto
    May 14, 2013 at 3:22 am

    Trimakasih gan, muga bermanfaat.

  11. 13 maryono_jilham
    July 25, 2013 at 12:05 am

    Terimakasih, sangat bermanfaat.

  12. 14 kasah y
    July 27, 2013 at 6:49 am

    tambah ilmu , makasih

  13. 15 rudi
    August 7, 2013 at 3:16 am

    matur nuwun mas ngangsu kaweruh saking panjenengan. kulo bade mlitur mejo jati.

  14. 16 Andry
    August 8, 2013 at 2:48 pm

    mantap infonya gan..btw trima kasih..

  15. August 23, 2013 at 8:48 am

    thank ya buat infonya… sangat berguna sekali untuk usaha saya…

  16. 18 Bintang
    September 20, 2013 at 3:46 pm

    Cocok,suwun,infone gan.

  17. 19 doiz
    March 28, 2014 at 5:19 pm

    Suwun mas… aku lg ae mlitur kandang Tweety, tpi asal2an… di coba neh karo carane sampeyan..

  18. April 18, 2014 at 3:24 am

    Mksh tuk infonya,sy mau mempolitur pigura buat kerajinan tgn….thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


March 2010
M T W T F S S
« Jan    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: